Kumpulan Desain Ruang Tamu, Ruang Keluarga, Kamar Tidur, Dapur, Teras, dan Kamar Mandi Minimalis Lengkap dengan Tips Pemilihan Model Plafon, Warna Cat, Sofa, Hiasan Dinding, dan Furniture Lainnya.

Minggu, 16 April 2017

30+ Model Plafon Triplek Ruang Tamu, Kelebihan, Kekurangan, dan Biayanya

Desain Ruang - Bagi kebanyakan orang, keterbatasan anggaran pembangunan sering kali menjadi hambatan bagi mereka untuk menciptakan hunian yang cantik dan nyaman. Keterbatasan anggaran menjadi masalah yang harus disiasati agar keinginan menghadirkan rumah yang nyaman dapat terlaksana sekalipun dana yang tersedia tidak banyak. Siasat tersebut dilakukan salah satunya dengan memilih dan menentukan model dan desain interior hunian Anda agar sesuai kondisi keuangan, khususnya pada bagian finishing hunian, misalnya dengan menggunakan bahan triplek sebagai material plafon ruangan. Lantas, apakah mungkin dengan hanya menggunakan triplek sebagai bahan plafon kita dapat menjadikan desain ruang tamu sesuai dengan keinginan? Seperti apa model plafon triplek ruang tamu yang sebaiknya digunakan?

Model Plafon Triplek Ruang Tamu

Sebelum membahas tentang seperti apa model plafon triplek ruang tamu yang baik, ada baiknya terlebih dahulu Anda mengenal kelebihan dan kekurangan dari penggunaan material ini sebagai bahan plafon ruang tamu Anda. Karena, dengan pemahaman tersebut, diharapkan Anda tidak akan menyesal di kemudian hari karena tidak memilih bahan lain seperti GRC, kayu, PVC, atau gypsum untuk plafon Anda.

Model Plafon Triplek Ruang Tamu

1. Kelebihan Plafon Triplek

Harga triplek yang murah dan pemasangannya yang tidak terlalu rumit seringkali menjadi alasan bagi kita untuk menggunakan bahan ini sebagai material utama plafon rumah. Dengan alasan itu pula, maka anggaran yang dibutuhkan untuk proses finishing hunian dapat ditekan seminimal mungkin, sehingga sisa anggaran dapat dialokasikan untuk keperluan lain.

2. Kekurangan Plafon Triplek

Akan tetapi, terlepas dari hitungan ekonomi, penggunaan material triplek sebagai bahan plafon sering kali memunculkan masalah baru. Ketidakawetan bahan ini untuk jangka panjang membuat penghuni rumah sering kali harus mengeluarkan biaya perbaikan yang cukup besar. Oleh karenanya, pertimbangkanlah terlebih dahulu sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan plafon triplek untuk rumah atau ruang tamu Anda.

Model Plafon Triplek Ruang Tamu Sederhana

3. Model Plafon Triplek Ruang Tamu

Setelah Anda memutuskan untuk benar-benar menggunakan bahan ini, maka ketahui seperti apa model plafon triplek yang tepat sesuai dengan konsep hunian Anda. Apakah konsep minimalis, mewah, glamor, atau tradisional, semuanya bisa disesuaikan, mengingat penggunaan triplek sebagai plafon sebetulnya memang memiliki model yang variatif.

Jika Anda mengusung konsep minimalis, maka akan lebih baik bila triplek yang Anda gunakan disusun sedemikian rupa tanpa ada sekatan sambungan yang terlihat. Dalam hal ini, pemasangan memang cukup membutuhkan ketelatenan. Penggunaan dempul dan cat menjadi sangat krusial untuk menghadirkan efek rapi pada tampilan atas ruangan. Berikut ini beberapa contoh dari model plafon triplek ruang tamu yang mungkin bisa menginspirasi.

Model Lis Plafon Triplek Ruang Tamu Sederhana
Plafon Triplek Ruang Tamu Sederhana
Untuk menonjolkan kesan etnik yang mewah, Anda juga dapat memadukan 2 bahan sekaligus dalam desain plafon ruang tamu Anda. Penggunaan kayu atau gypsum yang ditata berdampingan dengan triplek bisa memberikan efek perspektif yang menakjubkan bila peletakannya tepat. Contoh perpaduan tersebut bisa Anda lihat pada beberapa model plafon triplek ruang tamu sederhana berikut ini.

Plafon Triplek Ruang Tamu
Plafon Triplek Ruang Tamu
Warna Plafon Triplek Ruang Tamu
Selain memilih model, Anda juga perlu menentukan desain warna pada plafon triplek ruang tamu Anda secara tepat. Pemilihan warna yang tepat akan menimbulkan efek yang sesuai dengan konsep hunian Anda. Jika hendak mengusung konsep etnik modern, Anda bisa membiarkan warna alami triplek yang gelap dan dipadukan dengan tata cahaya yang merata. Sementara jika mengusung konsep minimalis, warna triplek putih akan tepat untuk model plafon triplek ruang tamu Anda.

Model Plafon Triplek Ruang Tamu
Model Plafon Triplek Ruang Tamu
Model Plafon Triplek Ruang Tamu

4. Tips agar Plafon Triplek Awet

Untuk menjaga agar plafon triplek di ruang tamu Anda tetap awet, Anda harus memastikan kelembaban udara di dalam ruangan serendah mungkin. Caranya, buatlah sirkulasi udara seperti fentilasi dan jendela agar dapat menjalankan fungsinya dengan maksimal. Dengan sirkulasi udara yang baik, suhu ruang tamu juga akan lebih sejuk dan nyaman bagi tamu yang datang.

Selain dengan mengatur sirkulasi udara, Anda juga harus memastikan kondisi atap di atas ruang tamu tidak bocor. Bila sampai bocor dan membuat tetasan air hujan masuk membasahi plafon, maka dapat dipastikan kerusakan pada warna dan desain plafon akan terjadi.

Nah, itulah beberapa kelebihan, kekurangan, serta tips menjaga plafon triplek agar tetap awet. Dengan contoh model plafon triplek ruang tamu di atas, silakan berkreasi dalam mendesain interior dasar ruang tamu Anda. penggunaan plafon triplek memang memberikan variasi model yang cukup banyak, hanya saja memang dari segi ketahanan, material ini memang kurang awet dan justru cenderung kurang ekonomis dalam jangka panjang. Silakan tentukan pilihan Anda!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Terkait : 30+ Model Plafon Triplek Ruang Tamu, Kelebihan, Kekurangan, dan Biayanya