Kumpulan Desain Ruang Tamu, Ruang Keluarga, Kamar Tidur, Dapur, Teras, dan Kamar Mandi Minimalis Lengkap dengan Tips Pemilihan Model Plafon, Warna Cat, Sofa, Hiasan Dinding, dan Furniture Lainnya.

Senin, 17 April 2017

30+ Model Plafon PVC Ruang Tamu, Kelebihan, Kekurangan, dan Biayanya

Model Plafon PVC Ruang Tamu - Ketidakawetan bahan plafon yang saat ini dirasakan pengguna material kayu, gypsum, dan triplek mendorong para ahli interior desain menciptakan suatu bahan plafon baru yang terbuat dari serat fiber PVC. Material plafon yang terbuat dari bahan yang sama dengan pipa paralon ini diketahui sangat baik dan tahan lama. Selain itu, pemasangan material PVC sebagai plafon juga sangat mudah dengan model pemasangan yang beragam. Nah, di artikel berikut ini kami akan membahas tentang beberapa contoh model plafon PVC tersebut khususnya untuk desain ruang tamu minimalis.

Model Plafon PVC Ruang Tamu

Sebelum membahas tentang beragam model plafon PVC ruang tamu minimalis, terlebih dahulu mari kita pahami apa saja kelebihan dan kekurangan dari penggunaan bahan ini sebagai material plafon. Mengenali kelebihan dan kekurangan tersebut akan membuat Anda untuk menimbang-nimbang apakah jenis material ini sesuai dengan keinginan dan kondisi keuangan Anda.

Model Plafon PVC Ruang Tamu

1. Kelebihan Plafon PVC Minimalis

Kelebihan material PVC sebagai bahan plafon terletak pada 3 hal, yaitu ia tahan rayap, tahan air, dan mudah dibersihkan. Tahan rayap karena material PVC tidak seperti plafon kayu atau triplek yang disukai hama penggerek. Jika plafon kayu sering kali terserang nonor dan menyebabkan gapuk, maka pada plafon PVC hal tersebut tidak akan terjadi.

Selain itu, material PVC bersifat tahan air. Artinya jika suatu saat atap bocor, maka plafon tidak akan rusak. Hal ini sangat berbanding terbalik dengan plafon gypsum. Pada plafon gypsum, tetasan air akan menyebabkan kerusakan besar. Perlahan tapi pasti, air yang merembes akan merapuhkan ikatan kalsium pada gypsum dan membuatnya ambrol.

Kelebihan lain yang dimiliki material plafon PVC adalah ia mudah dibersihkan. Bila suatu waktu plafon terkotori oleh suatu noda, kita akan dengan mudah menghilangkan noda tersebut dengan satu kali usap. Tekstur permukaan yang licin dan mengkilap adalah sebab kenapa model plafon PVC ruang tamu menjadi mudah dibersihkan.

2. Biaya dan Kekurangan Plafon PVC

Dengan banyaknya kelebihan yang dimiliki plafon PVC, tentu tak ada alasan lagi bagi Anda untuk memilih material ini sebagai bahan utama plafon ruang tamu Anda. Akan tetapi, di sisi lain Anda harus mempersiapkan dana yang tidak sedikit untuk pemasangan dan bahannya. Ya, penggunaan plafon PVC memang membutuhkan biaya besar. Selain harga bahannya yang terbilang cukup mahal dibandingkan bahan GRC, gypsum, dan triplek, pemasangan plafon PVC juga membutuhkan upah tukang yang tidak sedikit. Sebagai gambaran, untuk bahannya saja, kita membutuhkan dana sekitar Rp 30 ribu sd Rp 60 ribu untuk setiap meternya (list harga di Shunda Plafon). Itu belum termasuk upah pemasangan, rangka, dan list plafon yang dipasang.

3. Model Plafon PVC Ruang Tamu

Terlepas dari biayanya yang mahal, plafon PVC nyatanya dapat memberikan kesan mewah dan minimalis pada desain ruang tamu Anda. Oleh karenanya, bagi Anda yang memang sudah berniat dan memiliki alokasi anggaran khusus untuk pemasangannya, maka silakan tentukan motif dan model plafon PVC ruang tamu mana yang hendak Anda gunakan. Berikut ini beberapa contoh model yang mungkin bisa menginspirasi Anda.

Model Plafon PVC Ruang Tamu
Model Plafon PVC Ruang Tamu
Model Plafon PVC Ruang Tamu
Model Plafon PVC Ruang Tamu
Model Plafon PVC Ruang Tamu
Model Plafon PVC Ruang Tamu
Model Plafon PVC Ruang Tamu
Model Plafon PVC Ruang Tamu
Model Plafon PVC Ruang Tamu
Nah, demikianlah penjelasan yang dapat kami sampaikan tentang kelebihan, kekurangan dan gambaran sederhana biaya pemasangan plafon PVC untuk ruang tamu dan rumah Anda. Silakan tentukan sendiri desain yang Anda sukai di antara ke 10 model plafon PVC ruang tamu di atas. Semoga bermanfaat!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Terkait : 30+ Model Plafon PVC Ruang Tamu, Kelebihan, Kekurangan, dan Biayanya